EFEK SERAT BEBERAPA TANAMAN UMBI DAN RIMPANG DALAM PAKAN BERLEMAK TINGGI TERHADAP GULA DARAH DAN KADAR INSULIN PADA MENCIT (Mus musculus)

Elda, Rahmadanti (2022) EFEK SERAT BEBERAPA TANAMAN UMBI DAN RIMPANG DALAM PAKAN BERLEMAK TINGGI TERHADAP GULA DARAH DAN KADAR INSULIN PADA MENCIT (Mus musculus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 .pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
1710423008_ELDA RAHMADANTI_EFEK BEBERAPA SERAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Konsumsi makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan diabetes mellitus tipe 2. Sebaliknya, asupan makanan berserat tinggi dapat mencegah efek negatif dari makanan berlemak tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sediaan serat rimpang garut (Maranta arundinacea), rimpang ganyong (Canna edulis), umbi talas mentawai (Colocasia esculenta), dan umbi bengkuang (Pachyrhizus erosus) terhadap diabetes mellitus yang diberi pakan berlemak tinggi. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Maret-Agustus 2021 di laboratorium Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Andalas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) enam perlakuan dan empat kali ulangan serta perlakuan dilakukan selama 12 minggu. Perlakuan berupa Pakan Normal (PN), Pakan Berlemak Tinggi (PBT), Pakan Berlemak Tinggi ditambah 25% sediaan serat rimpang M. arundinacea , rimpang C. edulis, umbi C. esculenta, dan umbi P. erosus. Gula darah random diukur pada awal perlakuan dan akhir perlakuan, sedangkan gula darah puasa, uji toleransi glukosa, uji toleransi insulin, dan kadar hormon insulin diukur pada akhir perlakuan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa masing masing serat serat rimpang M. arundinacea , rimpang C. edulis, umbi C. esculenta, dan umbi P. erosus dalam pakan pakan berlemak tinggi mampu mencegah peningkatan gula darah random, gula darah puasa, toleransi glukosa, toleransi insulin pada mencit (Mus musclus). Selanjutnya, serat rimpang C. edulis, umbi C. esculenta dan P. erosus secara signifikan mencegah peningkatan kadar insulin, akan tetapi serat M. arundinacea tidak efektif. Hal ini mengindikasikan bahwa jenis serat yang digunakan dalam penelitian ini dapat mencegah terjadinya diabetes mellitus tipe 2 akibat pakan berlemak tinggi, kecuali serat M. arundinacea.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, gula darah, insulin pakan berlemak tinggi, serat.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:10
Last Modified: 29 Sep 2022 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113772

Actions (login required)

View Item View Item