Implementasi Business Intelligence untuk Visualisasi Data pada Departemen Fruit & Vegetable di Transmart Padang dalam Bentuk Dashboard System

Rifa, Maulina (2022) Implementasi Business Intelligence untuk Visualisasi Data pada Departemen Fruit & Vegetable di Transmart Padang dalam Bentuk Dashboard System. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
LAPORAN TA RIFA2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam berbagai bidang salah satunya dalam bisnis ritel. Transmart merupakan perusahaan ritel yang ada di Indonesia dan salah satu tokonya berada di Kota Padang. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Transmart didukung oleh aplikasi yang terintegrasi dalam satu database yaitu aplikasi Profit dan Krofit. Semakin banyaknya transaksi yang terjadi semakin banyak juga data yang tersimpan. Analisis trend pasar, minat konsumen, serta item/barang yang memiliki nilai jual tinggi dilakukan dengan mengunduh laporan-laporan dari aplikasi lalu diproses dan dianalisis satu persatu dengan Microsoft Excel. Hal ini tentu membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan implementasi Business Intelligence pada Departemen Fruit & Vegetable Transmart Padang untuk memvisualisasikan data tersebut dengan cepat sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat dan mudah dipahami. Visualisasi data yang ditampilkan berupa dashboard penjualan, dashboard breakage, dashboard receiving, forecasting, dan clustering item berdasarkan nilai penjualannya. Tahapan dalam implementasi Business Intelligence ini menggunakan tahapan Roadmap BI dengan pendekatan Business Intelligence Roadmap oleh Moss dan Attre. Tools yang digunakan pada penelitian ini yaitu, Pentaho Data Integration (PDI) untuk merancang data mart dan Microsoft PowerBI untuk memvisualisasikan data, forecasting dan clustering. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu pihak manajerial dalam pengambilan kebijakan strategis dan peningkatan penjualan pada Departemen Fruit & Vegetable di Transmart Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Transmart Padang, Business Intelligence, Dashboard Penjualan, Forecasting, Clustering.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:46
Last Modified: 10 Oct 2022 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113431

Actions (login required)

View Item View Item