PENGARUH BEBAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP BURNOUT DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial “BPJS” Kesehatan Kota Padang)

Wira, Rizki Wirman (2022) PENGARUH BEBAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP BURNOUT DENGAN STRES KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial “BPJS” Kesehatan Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Tesis Kompre Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja dan budaya organisasi terhadap burnout dengan dukungan stres kerja sebagai variabel mediasi di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Padang. Burnout merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh manajemen perusahaan dalam mengelola sumber daya perusahaan atau karyawan. Aspek yang mempengaruhi burnout adalah beban kerja,budaya organisasi terhadap burnout, dan stres kerja yang dirasakan karyawan. Dalam hal ini, peneliti berfokus pada variabel stres kerja yang dirasakan sebagai variabel mediasi yang menghubungkan beban kerja dan budaya organisasi terhadap burnout. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Padang dengan sampel sebanyak 83 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis deskripsi faktor menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja; budaya organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kerja;beban kerja, budaya organisasi, dan stres kerja berdampak signifikan terhadap burnout; stres kerja sebagai variabel mediasi berpengaruh pada beban kerja terhadap burnout dan budaya organisasi terhadap burnout.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Laura Syahrul, SE, MBA.
Uncontrolled Keywords: beban kerja, budaya organisasi, stres kerja dan burnout
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:21
Last Modified: 26 Sep 2022 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113391

Actions (login required)

View Item View Item