HUBUNGAN ANTARA RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT DAN KADAR INTERLEUKIN-6 DENGAN WAKTU KONVERSI NEGATIF PASIEN RAWAT INAP COVID-19

Syifa, Laili Aminy (2022) HUBUNGAN ANTARA RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT DAN KADAR INTERLEUKIN-6 DENGAN WAKTU KONVERSI NEGATIF PASIEN RAWAT INAP COVID-19. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK (2).pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB 7 KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (Tesis full text)
TESIS UTUH_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) telah menjadi masalah global karena telah menginfeksi jutaan orang serta menyebabkan angka kematian yang tinggi. Ada beberapa faktor risiko yang berperan pada saat terjadinya infeksi COVID-19, salah satunya peningkatan Rasio Neutrofil Limfosit (RNL) dan kadar Interleukin-6 (IL-6). Namun, hingga saat ini penelitian yang membahas tentang hubungan antara RNL dan IL-6 dengan waktu konversi negatif pasien COVID-19 masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara RNL dan kadar IL-6 dengan waktu konversi negatif pada pasien rawat inap COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan 50 berkas rekam medis pasien rawat inap COVID – 19 di RSUP Dr. M. Djamil Padang periode Januari 2021 sampai Desember 2021 yang memenuhi kriteria ekslusi dan inklusi. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS dengan uji korelasi Pearson karena data terdistribusi normal. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok usia terbanyak adalah frekuensi lansia (> 46 – 55 tahun) sebesar 32,0 % dan frekuensi jenis kelamin pasien laki-laki lebih banyak daripada perempuan yaitu sebesar 68,0 % dan frekuensi komorbid terdapat pada 62,0 % sampel penelitian. Didapatkan hasil rerata nilai RNL adalah 7,89, kadar IL-6 49,91 pg/mL dan waktu konversi negatif 13,96 hari. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara nilai RNL dengan waktu konversi, sedangkan antara kadar IL-6 dengan waktu konversi terdapat hubungan yang signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara RNL dengan waktu konversi negatif dan terdapat hubungan yang signifikan antara kadar IL-6 dengan waktu konversi negatif COVID – 19 pada pasien yang menjalani rawat inap.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes
Uncontrolled Keywords: RNL, IL-6, waktu konversi negatif, COVID – 19
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: s2 ilmu biomedik
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:35
Last Modified: 23 Sep 2022 06:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113299

Actions (login required)

View Item View Item