Dampak Metode Daring Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19

Saputra, M. Trio (2022) Dampak Metode Daring Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda dunia yang menjadikan kabar buruk bagi kita. Kehadiran pandemi Covid-19 yang merajalela ini menjadikan pemerintah harus memikirkan bebagai solusi untuk mencegah penyebaran dari wabah ini. Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan seperti PSBB dan PPKM sebagai solusi jitu dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Penerapan ini juga mengubah seluruh aktivitas diberbagai aspek berbasis online. Universias Andalas sebagai salah satu aspek yang merasakan dampak ini tentu mengubah metode pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka diubah menjadi secara daring (online). Penerapan metode pembelajaran daring ini tentu akan memberikan dampak bagi mahasiswa dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dampak positif dan negatif metode daring terhadap proses pembelajaran mahasiswa di masa Pandemi Covid-19.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancaara mendalam. Teori yan digunakan adalah teori perubahan sosial yang dikemukakan oleh William F.Ogburn yang menjelaskan bahwa terjadinya perubahan pada metode pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini terdapat dampak yang dirasakan ole mahasiswa diantaranya; (1).Dampak Positif seperti fleksibel lokasi dan waktu perkuliahan yang diikuti, peningkatan indeks presetasi yang didapat, dan akses perkuliahan yang lebih mudah. (2).Dampak negatif seperti terkendala dengan jaringan internet, mahasiswa kurang memahami materi yang disampaikan dosen dan munculnya rasa malas bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Maihasni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Daring, Pandemi Covid-19, Proses Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:30
Last Modified: 23 Sep 2022 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113279

Actions (login required)

View Item View Item