A Transitivity Analysis Of Two Headline News About Lewis Hamilton From Two Famous Online News: Bbc News And Abc News

Lenni, Marlina (2022) A Transitivity Analysis Of Two Headline News About Lewis Hamilton From Two Famous Online News: Bbc News And Abc News. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstract)
Cover.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Chapter 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Chapter 4)
Chapter IV.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (workcited)
References.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (Tugas akhir Ilmiah utuh)
Lenni Marlina-1510732033-Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Wacana berita olahraga yang ditulis oleh dua sumber berita online terkenal, BBC_news dan ABC_news tentang drama kemenangan Lewis Hamilton dalam balap F1 British Grand Prix dianalisis dalam skripsi ini. Penelitian ini menerapkan teori yang dikembangkan oleh M.A.K Halliday berfokus mengenai fungsi transitifitas untuk melihat makna ideasional pada kedua wacana berita olahraga dengan mengidentifikasi elemen-elemen per klausa. Untuk menganalisis wacana berita olahraga ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dibantu dengan metode statistik deskriptif untuk melihat untuk melihat penyebaran dan fungsi-fungsi serta elemen-elemen transitivitas yang ada dalam kedua wacana berita olahraga tersebut. Wacana berita olahraga ini dibagi per-klausa berdasarkan tipe masing-masing unsur dalam proses, partisipan dan elemen keadaan yang ada lalu kemudian dihitung persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 224 tipe proses yang ditemukan dalam wacana berita olahraga tersebut, proses material merupakan tipe proses yang paling dominan dengan persentase kemunculannya adalah (50%), diikuti dengan proses mental 20.53 %, selanjutnya proses relasional dengan total persentase 16.51%. diurutan keempat ada proses verbal 7.14%, dan proses wujud (4.9%), and tipe proses yang ditemukan di dalam wacana berita olahraga adalah behavioral proses 2.23%. Berbanding lurus dengan material proses, kemunculan partisipan yang paling mendominasi adalah aktor, yang merupakan partisipan yang secara langsung terlibat dalam dua wacana berita olahraga tersebut dengan persentase 19.25%. selanjutnya ada goal 13.7%, dan range 10.6%. dan kemunculan dari partisipan petingkah laku adalah yang paling sedikit dengan persentase 0.3%. dan kemunculan elemen keadaan yang paling sering muncul adalah lokasi dengan total persentase 50.5% yang terdiri atas waktu (26.2%) dan tempat (24.3%). Dari kemunculan proses yang terdapat dalam kedua wacana berita olahraga tersebut, proses material yang muncul merepresentasikan pengalaman yang dialami oleh pembalap setelah mengalami kebocoran ban dan harus menyelesaikan lap balapan yang terakhir. Temuan ini membuktikan bahwa pilihan tata bahasa yang digunakan oleh penulis berita menggunakan perspektif pembicara yang mengalami kebocoran ban di lap terakhir balapan. Kata kunci: Linguistik Fungsional Sistemik, Transitifitas, Proses, Partisipan, Sirkumstan, Wacana Berita Olahraga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ayendi S.S,. M.Pd,. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Systemic Functional Linguistics, Transitivity, Process, Participant, Circumstance, Discourse Sports News.
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:37
Last Modified: 05 Sep 2022 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112525

Actions (login required)

View Item View Item