Evaluasi Kinerja Komisi PemilihanUmum Kota Solok (Studi Kasus: Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pemilihan Umum Serentak 2019)

Resti, Helfia (2022) Evaluasi Kinerja Komisi PemilihanUmum Kota Solok (Studi Kasus: Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pemilihan Umum Serentak 2019). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK RESTI.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 RESTI.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB Penutup Resti.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Resti.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Resti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengevaluasi kinerja KPU Kota Solok dalam proses penyusunan pemutakhiran daftar pemilih pada pemilihan umum serentak tahun 2019, serta menganalisa faktor-faktor yang menghambat kinerja KPU Kota Solok dalam proses pemutakhiran daftar pemilih pada pemilihan serentak tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Gary Dessler Performance Appraisal bersama 5 indikatornya sebagai pisau analisis, kemudian peneliti juga menggunakan evaluasi Model das Solen-das Sein milik Dessler sebagai kerangka dalam membangun analisis ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa KPU Kota Solok dalam tahapan agenda program pemutakhiran data dilakukan sesuai dengan tahapan dan jadwal yang ditetapkan, dan juga patuh terhadap aturan pelaksana pemilu, Namun tidak optimal dalam penganalisaan kapasitas pelaksana tugas dimana telah terjadi over capacity dalam pelaksanaan tugas yang diemban oleh pelaksana tugas yang apabila dibiarkan menimbulkan dampak yang butuk terhadap kualitas pekerjaan bagi petugas pelaksana pada pemilu berikutnya. Kemudian terkait faktor penghambat dari kinerja pelaksana tugas di KPU Kota Solok dalam pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu 2019 lalu peneliti menganalisis dengan menggunakan 5 indikator appraisal performance Dessler, menemukan bahwa faktor kuantitas dari pelaksana tugas sangat besar pengaruhnya dalam suatu tahapan pelaksanaan pemilu dengan beban kerja yang banyak disertai durasi pelaksanaan pemilu yang panjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, M.A
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja, KPU
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:28
Last Modified: 05 Sep 2022 01:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112520

Actions (login required)

View Item View Item