Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Data dan Penilaian Pada Program Tahfiz Berbasis Web Pada Rumah Quran Serambi Minang

Ilma, Sulistia (2022) Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Data dan Penilaian Pada Program Tahfiz Berbasis Web Pada Rumah Quran Serambi Minang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Rumah Quran Serambi Minang merupakan salah satu rumah tahfiz yang terletak di Kota Padang. Rumah tahfiz ini memiliki beberapa program belajar diantaranya iqra', tahsin, tahfiz, dan tahsin dewasa yang diikuti oleh banyak santri mulai dari anak-anak hingga santri dewasa. Pengelolaan data dan penilaian pada rumah tahfiz masih dilakukan dengan mencatat di buku dan di Microsoft Word. Sehingga terdapat beberapa kendala atau masalah dalam pelaksanaannya. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan perancangan dan pembangunan sistem informasi pengelolaan data dan penilaian dengan tujuan untuk mempermudah pengurus dalam pengelolaan data, dan juga pembuatan laporan perkembangan santri. Aplikasi yang dibangun adalah sebuah aplikasi pengelolaan data yang ada di rumah tahfiz serta pengelolaan penilaian harian yang berupa pencatatan batas hafalan dan laporan perkembangan santri anak-anak berbasis Web. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan framework Laravel dan metode pengembangan sistem waterfall yang terdiri dari tahap analisis, pemodelan, pengkodean dan pengujian. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode black box testing. Pengujian ini dilakukan untuk melihat kesesuaian fungsional system yang telah dibangun. Hasil dari dibangunnya sistem ini dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada dan diharapkan dapat memudahkan pengelolaan data serta penilaian yang berjalan di Rumah Quran Serambi Minang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Rumah tahfiz, Framework Laravel, Metode Waterfall.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 02 Sep 2022 10:07
Last Modified: 02 Sep 2022 10:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112497

Actions (login required)

View Item View Item