Studi Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Keuangan Perusahaan Transportasi dan Logistik di Indonesia (Studi Kasus : Berlian Laju Tanker TBK)

Lisenia, Regita Debataraja (2022) Studi Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Keuangan Perusahaan Transportasi dan Logistik di Indonesia (Studi Kasus : Berlian Laju Tanker TBK). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Utuh Full Text (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid 19 dimulai di China yang meluas hingga Indonesia. Tahun 2020 dimulai dengan merebaknya virus Corona secara masif di Indonesia. Hal ini memberikan dampak yang mengakibatkan terjadinya pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang menyebabkan berkurangnya penggunaan transportasi umum dan terbatasnya aktivitas setiap pelaku ekonomi. Hal ini mempengaruhi produktifitas perusahaan dibidang transportasi dan logistik. Adanya perubahan terhadap performansi keuangan perusahaan transportasi dan logistik di Indonesia. Performansi keuangan tersebut dilihat dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat kondisi kesehatan keuangan pada perusahaan transportasi dan logistik di Indonesia melewati pandemi covid-19 dengan metode Altman Z”-Score dan peningkatan kinerja pada perusahaan Berlian Laju Tanker Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan tahun 2019 dan 2020 dari dua puluh tujuh perusahaan yang diperoleh dari website bursa efek Indonesia. Objek penelitian yaitu dua puluh tujuh perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di BEI. Perhitungan dimulai dengan menghitung variabel Altman Z”-Score yang akan digunakan untuk menghitung nilai Z”-Score setiap perusahan. Nilai Z”-Score yang diperoleh digunakan untuk melihat kondisi kesehatan keuangan perusahaan. Metode analisis diskriminan yang digunakan menunjukkan tiga area kondisi keuangan perusahaan. perusahaan yang berada pada distress zone akan dibuatkan skenario pengindaran risiko kebangkrutan dengan membangun skenario dan kombinasi skenario. Setelah skenario dilakukan dipilih satu perusahaan yaitu perusahaan dengan nilai Z”-Score terkecil untuk dianalisis peningkatan kinerjanya. Hasil yang diperoleh dari perhitungan Altman Z”-Score yang dilakukan mengakibatkan bertambahnya empat perusahaan yang berada pada distress zone saat terjadi pandemi dan penurunan jumlah perusahaan yang berada pada safe zone sebanyak empat perusahaan. Perusahaan yang terpilih yaitu Berlian Laju Tanker Tbk. Peningkatan kinerja yang dapat dilakukan perusahan yaitu dengan memperhatikan kapasitas dan komposisi armada, tim operasional, wilayah operasional, penjualan dan pemasaran, serta manajemen kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Alizar Hasan, MSIE, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Altman Z”-Score, Bursa Efek Indonesia Covid-19, Resiliensi Keuangan, Transportasi dan Logistik.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:34
Last Modified: 02 Sep 2022 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112342

Actions (login required)

View Item View Item