PENGEMBANGAN PRODUK NUGGET IKAN PATIN (Pangasius s.p) DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KACANG KEDELAI (Glycine max) SEBAGAI SUMBER ZAT GIZI DAN ALTERNATIF PMT UNTUK BALITA STUNTING DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Novika, Sari (2022) PENGEMBANGAN PRODUK NUGGET IKAN PATIN (Pangasius s.p) DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KACANG KEDELAI (Glycine max) SEBAGAI SUMBER ZAT GIZI DAN ALTERNATIF PMT UNTUK BALITA STUNTING DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Skripsi Fulltex)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Stunting merupakan bentuk dari kegagalan pertumbuhan akibat akumulasi ketidakcukupan gizi yang berlangsung lama mulai dari kehamilan sampai usia 24 bulan yang bisa dicegah dengan meningkatkan konsumsi makanan tinggi protein, zat besi (Fe) dan zinc, salah satunya yaitu ikan patin dan tepung kacang kedelai. Produk nugget ikan patin dengan penambahan tepung kedelai merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan protein, zat besi dan zinc pada balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu organoleptik dan kandungan gizi pada produk nugget ikan patin dengan penambahan tepung kacang kedelai sebagai makanan yang berpotensi dalam pemenuhan protein, zat besi dan zinc bagi balita stunting. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 2 kali ulangan. Perlakuan yang dilakukan yaitu penambahan tepung kacang kedelai dengan persentase F0 0%, F1 15 %, F2 20 % dan F3 25%. Hasil penelitian menunjukkan formula nugget ikan patin dengan perlakuan yang paling disukai adalah formula F3 dengan penambahan tepung kedelai sebanyak 25 %. karakteristik warna agak kuning gading, aroma agak harum, rasa gurih dan tekstur yang lembut. Kandungan gizi produk terpilih yaitu kadar air 39,03 %, abu 1,6 %, protein 11,26%, lemak 17,5 %, karbohidrat 30,89%, Fe 24,50% dan kadar zinc 2,46%. Formula terpilih pada pengembangan produk nugget ikan patin dengan penambahan tepung kacang kedelai yaitu F3 dengan penambahan tepung kacang kedelai sebanyak 25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Uncontrolled Keywords: Balita stunting, ikan patin, tepung kacang kedelai, nugget
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:24
Last Modified: 02 Sep 2022 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112074

Actions (login required)

View Item View Item