Pengaturan Tegangan dengan Operasi Buck-Boost Converter untuk Pengisian Baterai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Menggunakan Metode Kontrol PI Berbasis Arduino Uno

Evan, Edsa Azola (2022) Pengaturan Tegangan dengan Operasi Buck-Boost Converter untuk Pengisian Baterai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Menggunakan Metode Kontrol PI Berbasis Arduino Uno. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Tugas Akhir.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Tugas Akhir.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Tugas Akhir.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Tugas Akhir.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Buku Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Krisis energi saat ini terjadi di seluruh dunia terutama di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi kebutuhan energi nasional akan terus meningkat hingga tahun 2050. Melihat krisis energi yang tak dapat terhindarkan lagi, energi terbarukan menjadi salah satu alternatif untuk mengganti bahan bakar minyak dan panas bumi. Energi terbarukan tersebut berupa energi yang didapatkan dari sinar matahari, energi angin, air, dan biogas. Pada tugas akhir ini, dilakukan perancangan alat pengatur tegangan dengan operasi Buck-Boost Converter untuk pengisian baterai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu menggunakan metode kontrol PI berbasis Arduino Uno. Pada pengujian alat didapatkan bahwa alat mampu untuk menghasilkan tegangan keluaran serta mengendalikan tegangan, tetapi alat belum mampu beroperasi dengan nilai kecepatan angin yang rendah, dan alat juga belum mampu beroperasi jika nilai tegangan keluaran yang dihasilkan lebih besar dari batas nilai operasi sensor tegangan. Tetapi alat sudah mampu untuk mengendalikan tegangan keluaran sesuai dengan nilai tegangan set-point yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa alat mampu untuk mengendalikan tegangan keluaran tetapi belum mampu beroperasi jika menerima energi angin yang terlalu rendah maupun terlalu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zaini, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Energi terbarukan, energi angin, Buck-Boost Converter, Kontrol PI, Arduino Uno
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:41
Last Modified: 02 Sep 2022 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112067

Actions (login required)

View Item View Item