Pembangunan Sistem Informasi Booking dan Penyewaan Lapangan Futsal di Kota Padang dengan Memanfaatkan Model Bisnis Marketplace

Velia, Andrini Fahira (2022) Pembangunan Sistem Informasi Booking dan Penyewaan Lapangan Futsal di Kota Padang dengan Memanfaatkan Model Bisnis Marketplace. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (TA Full Text)
TA FULL VELIA ANDRINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Futsal saat ini adalah salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia terutama di kalangan remaja. Usaha booking dan penyewaan lapangan futsal pun sangat berkembang di berbagai daerah. Untuk saat ini, proses penyewaan lapangan futsal hanya dapat dilakukan dengan cara via telpon atau mendatangi satu persatu ke lapangan futsal tersebut dengan mengecek langsung ke tempat booking lapangan futsal untuk menanyakan jadwal serta biayanya. Cara seperti ini tentunya sangat tidak efektif, karena memakan waktu dan biaya, serta terkadang setelah datang kesana, jadwal penyewaan penuh dan tentunya harus mencari lagi ke tempat lain. Maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan membangun sistem informasi booking dan penyewaan lapangan futsal dengan memanfaatkan model bisnis marketplace. Model bisnis marketplace merupakan model bisnis dimana sistem informasi yang dibuat dijadikan platform sebagai media promosi serta transaksi antara penjual dan pembeli secara online, hal ini berfungsi sebagai perantara antara calon penyewa dengan pemilik lapangan dalam melakukan transaksi penyewaan lapangan futsal. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka, serta metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan sistem waterfall. Tahapan dari metode waterfall ini meliputi analisis, desain, pengkodean dan pengujian sistem informasi yang telah dibuat. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah sistem informasi booking dan penyewaan lapangan futsal di Kota Padang dengan memanfaatkan model bisnis marketplace yang akan mempermudah proses transaksi penyewaan lapangan futsal di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Futsal, booking lapangan, marketplace, aplikasi web, framework laravel
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:41
Last Modified: 19 Oct 2022 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112025

Actions (login required)

View Item View Item