Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat Oleh Apoteker Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Dan Klinik Di Kota Pekanbaru

Rahmi, Amini (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat Oleh Apoteker Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Dan Klinik Di Kota Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak Rahmi.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
pendahuluan rahmi.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan Rahmi.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Rahmi.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Fulltext Tesis)
TESIS RAHMI AMINI 1821013002 Scholar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas Pelayanan Informasi Obat oleh apoteker terhadap kepuasan pasien di Puskesmas dan klinik kota pekanbaru. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara prospektif dan dianalisa secara deskriptif. juga penelitian kuantitatif metoda explanatory research (survei penjelasan) yang tujuan menjelaskan pengaruh dari variable dimensi kualitas pelayanan informasi obat yaitu: tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas dan klinik di Pekanbaru. Penelitiann ini dilakukan pada tiga Puskesmas dan tiga klinik di kota Pekanbaru. Adapun hasil penelitian ini secara statistik menggunakan analisa univariat, bivariat dan multivariat menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pelyanan informasi obat oleh apoteker terhadap kepuasan pasien di Puskesmas dan Klinik di Kota Pekanbaru. Ini dikarenakan masing-masing dimensi menunjukkan nilai p value > 0.05. Pada Puskesmas, p value tangible 0.431, p value reliability 0.837, p value responsiveness 0.886, p value assurance 0.860, p value empathy 0.860. Pada klinik, p value tangible 0.886, p value reliability 0.886, p value responsiveness 0, p value assurance 0.985, p value empathy 0. Dan persentase kepuasan pasien pada Puskesmas 91% dan klinik 99%. Kata kunci: Pelayanan Informasi Obat (PIO), Puskesmas, klinik, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:14
Last Modified: 01 Sep 2022 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111977

Actions (login required)

View Item View Item