ANALISIS PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA BERDASARKAN BEBAN KERJA PADA UNIT KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA RUMAH SAKIT (K3RS) DI RSUD DR. RASIDIN PADANG

Hadisty, Aisyah Putri (2022) ANALISIS PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA BERDASARKAN BEBAN KERJA PADA UNIT KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA RUMAH SAKIT (K3RS) DI RSUD DR. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi_Hadisty Aisyah Putri_1811212045.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan)
Bab 6 Kesimpulan .pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Hadisty Aisyah Putri_1811212045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian.Unit K3RS RSUD dr.Rasidin Padang hanya terdiri atas 1 orang tenaga dengan keluhan beban kerja tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan tenaga berdasarkan beban kerja pada Unit K3RS RSUD dr.Rasidin Padang. Metode. Desain penelitian ini adalah mix-method yang dilakukan pada bulan Januari-Juni 2022. Penelitian kuantitatif berupa observasi pada kegiatan tenaga K3 selama 10 hari. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan work sampling serta WISN. Penelitian kualitatif dilakukan kepada 4 informan secara purposive sampling dengan wawancara mendalam dan telaah dokumen. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan content analysis. Hasil. Hasil penelitian kuantitatif, beban kerja tenaga K3 adalah 60,51% tergolong beban kerja sedang dengan kebutuhan tenaga sebanyak 2 orang dengan rasio WISN yaitu 0,5 atau <1, yang menunjukkan bahwa jumlah tenaga saat ini tidak memenuhi beban kerja. Hasil penelitian kualitatif, metode yang digunakan terkait perencanaan kebutuhan tenaga adalah metode ABK Kes dengan menggunakan aplikasi Renbut Kemenkes, kendala yang ditemukan tidak semua usulan permintaan tenaga diterima oleh pusat. Perencanaan kebutuhan tenaga dilakukan secara bottom up. Kesimpulan. Jumlah tenaga K3 hanya 1 orang tidak memenuhi beban kerja sesuai standar profesional serta kebutuhan saat ini adalah 2 orang. Maka perlu dilakukan pengusulan penambahan tenaga, redistribusi tenaga dan mengoptimalkan komitmen para pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafrawati, S.K.M., M.Comm Health Sc
Uncontrolled Keywords: Beban kerja, Tenaga kerja K3, Unit K3RS, WISN, Work sampling
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:39
Last Modified: 01 Sep 2022 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111843

Actions (login required)

View Item View Item