Analisis Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, dan Persepsi Risiko terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Universitas Andalas 2017-2019)

Keken, Viory (2022) Analisis Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, dan Persepsi Risiko terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Universitas Andalas 2017-2019). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover_Abstrak.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Bab 1_Pendahuluan)
BAB I_Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab V_Penutupan)
BAB V_Penutup.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi_Full_Keken Viory.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, dan persepsi risiko terhadap minat investasi pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Andalas pada angakatan 2017- 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google form. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 Akuntansi angkatan 2017- 2019 dengan jumlah sampel sebesar 82 responden dengan metode pengambilan sampel slovin. Data hasil kuesioner diuji melalui program SPSS 22. Pengetahuan memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi. Pengetahuan memiliki pengaruh karena dapat meningkatkan keterampilan dan imajinasi dalam mengelola investasi. Motivasi tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Persepsi Risiko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Mahasiswa cenderung menganggap risiko berpengaruh dalam melakukan investasi dan mengukur tingkat risiko. Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Persepsi Risiko, dan Minat Investasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Husna Roza, SE, M.Com(Hons), Akt.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:15
Last Modified: 31 Aug 2022 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111811

Actions (login required)

View Item View Item