Efek Talas Mentawai (Colocasia esculenta; Araceae) Dalam Pakan Berlemak Tinggi Terhadap Indikator Obesitas dan Kadar Lipid Plasma Pada Mencit

Salsabila, Dhia Hirwanto (2022) Efek Talas Mentawai (Colocasia esculenta; Araceae) Dalam Pakan Berlemak Tinggi Terhadap Indikator Obesitas dan Kadar Lipid Plasma Pada Mencit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (69kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konsumsi makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan obesitas. Sebaliknya, asupan makan berserat tinggi atau mengandung pati resisten dapat menangkal efek negatif diet tinggi lemak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sediaan talas mentawai terhadap obesitas dan dislipidemia pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) serta perlakuan dilakukan selama 12 minggu. Perlakuan berupa Pakan Normal, Pakan Berlemak Tinggi, Pakan Berlemak Tinggi ditambah 25% sediaan tepung, serta dan pati talas Mentawai. Bobot mencit dihitung setiap dua minggu, bobot adiposa putih, kadar kolesterol total, LDL, HDL dan trigliserida diukur pada akhir perlakuan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa masing-masing sediaan talas Mentawai dalam pakan berlemak tinggi mampu menekan pertambahan bobot mencit. Sediaan talas Mentawai dalam pakan berlemak tinggi mampu menekan peningkatan bobot jaringan dan luas adiposa putih mencit dimana sediaan tepung utuh mampu menekan peningkatan bobot jaringan dan sediaan serat efektif dalam menekan peningkatan bobot jaringan dan luas adiposa putih. Sediaan talas Mentawai memberikan pengaruh yang berbeda-beda dalam menurunkan kadar lipid plasma dimana sediaan tepung utuh efektif dalam menurunkan semua plasma lipid, sediaan serat efektif menurunkan kadar LDL, HDL dan trigliserida, dan sediaan pati efektif dalam menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Hasil ini mengindikasikan bahwa masing-masing sediaan talas mentawai berpotensi sebagai salah satu langkah preventif obesitas dan dislipidemia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: adiposa putih, kolesterol, serat, obesitas, talas mentawai
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:17
Last Modified: 02 Sep 2022 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111309

Actions (login required)

View Item View Item