Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Puskesmas Pauh Kota Padang Tahun 2022

Putri, Tri Nadia (2022) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Puskesmas Pauh Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita lansia. Manajemen diri terkait kepatuhan minum obat menjadi faktor yang paling mempengaruhi tekanan darah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat adalah dukungan keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada lansia penderita hipertensi di Puskesmas Pauh Kota Padang Tahun 2022. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling secara accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 lansia. Pengambilan data menggunakan instrumen yaitu kuesioner Dukungan Keluarga dan kuesioner Morisky Medication Adherence Questionnaire (Modifed MMAS-8). Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki dukungan keluarga tinggi (60,2%) dan sebagian besar responden memiliki kepatuhan obat tinggi (41,7%). Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada lansia penderita hipertensi dengan p value 0,000. Untuk meningkatkan kepatuhan minum obat pada lansia maka perlu adanya edukasi kepada keluarga dengan lansia hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Reni Prima Gusty, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 10:52
Last Modified: 29 Aug 2022 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111071

Actions (login required)

View Item View Item