Kajian Peluang Masyarakat Menggunakan Angkutan Umum Pada Masa Pandemi Covid-19 Pasca Kebijakan PPKM Level 3 Di Kota Padang

Jihan, Meiriza Putri (2022) Kajian Peluang Masyarakat Menggunakan Angkutan Umum Pada Masa Pandemi Covid-19 Pasca Kebijakan PPKM Level 3 Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sektor transportasi harus mampu memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat dalam segala kegiatan di semua lokasi yang berbeda dan tersebar dengan karakter fisik yang berbeda pula. Dengan adanya angkutan umum yang aman, cepat, dan murah, selain mencerminkan keteraturan kota, juga mencerminkan kelancaran kegiatan perekonomian kota. Namun pandemi covid-19 menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh pada penggunaan angkutan umum yang salah satu dampaknya yaitu penurunan pada penggunaan jasa angkutan umum. Hal ini dikarenakan pemerintah membuat suatu kebijakan dengan adanya sistem sosial baru yaitu social distancing, dan ditindaklanjuti dengan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Dengan adanya kebijakan PPKM berakibat pada terbatasnya akses untuk penggunaan jasa angkutan umum apalagi penerapan protokol kesehatan untuk pengguna jasa angkutan umum di Kota Padang belum sepenuhnya dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan utilitas dan probabilitas serta mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh paling besar dalam penentuan keputusan masyarakat terkait penggunaan jasa angkutan umum pada masa pandemi covid-19 pasca kebijakan PPKM level 3 di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dilapangan dengan menyebarkan kuisioner online dan kuisioner offline kepada responden secara acak (random) yang disusun menggunakan metode stated preference dengan delapan alternatif dimana terdapat tiga atribut yaitu selisih waktu tempuh perjalanaa, selisih tarif perjalanan, dan protokol kesehatan dengan 2 level atribut. Dari hasil penelitian ini diperoleh model terbaik yaitu Y(AUK-AUO) = 0,656 + (– 0,038) X1 + (– 0,056) X2 + 0,644 X3 dengan R-Square = 0,174, dimana dapat diketahui semua atribut secara menyeluruh memiliki pengaruh sebesar 17,4%. Dari hasil uji sensitivitas dapat disimpulkan variabel yang paling mempengaruhi keputusan masyarakat menggunakan angkutan umum konvensional selama pandemi covid-19 pasca kebijakan ppkm level 3 adalah variabel selisih tarif perjalanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.Titi Kurniati,M.T
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:15
Last Modified: 29 Aug 2022 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110873

Actions (login required)

View Item View Item