PENYEBARAN INFORMASI DAN INTERAKSI DI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI ASIMETRI INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI

Kamil, Harry H. (2021) PENYEBARAN INFORMASI DAN INTERAKSI DI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI ASIMETRI INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI. Masters thesis, University of Andalas.

[img] Text (Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Fulltext)
Tesis Harry Hidayat Kamil (1720532017).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sumber informasi dalam pengambilan keputusan investasi saat ini telah berevolusi dengan kemajuan teknologi digital saat ini, khususnya media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran asimetri informasi dalam memediasi penyebaran informasi dan interaksi di media sosial (media sosial perusahaan, media sosial perusahaan investasi dan media sosial analis saham) terhadap pengambilan keputusan investasi. Responden penelitian ini adalah pengguna media sosial di Indonesia yang mencari dan mendapatkan informasi tentang investasi saham di media sosial (media sosial perusahaan, media sosial perusahaan investasi dan media sosial analis saham). Penelitian ini menggunakan alat analisis SEM dengan program SmartPLS 3 untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penyebaran informasi di media sosial perusahaan dan media sosial perusahaan investasi serta interaksi media sosial perusahaan investasi berengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi. Akan tetapi, penyebaran informasi di media sosial analis saham dan interaksi media sosial perusahaan tidak berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan, Asimetri informasi ditemukan memiliki peran yang signifikan dalam memediasi pengaruh media sosial analis saham dan interaksi media sosial analis saham. Namun demikian, asimetri informasi tidak signifikan perannya dalam memediasi penyebaran informasi di media sosial perusahaan dan media sosial perusahaan investasi, serta juga tidak signifikan perannya dalam memediasi interaksi media sosial perusahaan dan media sosial perusahaan investasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aries Tanno, SE,M.Si, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Asimetri Informasi, Investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:32
Last Modified: 29 Aug 2022 06:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110859

Actions (login required)

View Item View Item