STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN GURU MELAKUKAN TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DI SEKLAH DASAR DI KECAMATAN PADANG TIMUR

Hasfira, Dwi Citra (2022) STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN GURU MELAKUKAN TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DI SEKLAH DASAR DI KECAMATAN PADANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Cedera pada anak telah menjadi masalah kesehatan umum yang kejadiannya terus meningkat dan perlu perhatian khusus. Guru sebagai orang terdekat yang berada di dekat anak saat di sekolah memilki peranan yang penting dalam melindungi dan mencegah terjadinya keparahan akibat cedera yang dialami anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggambarkan pengalaman guru melakukan tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekataan fenomenologi dengan metode wawancara mendalam. Pemilihan partisipan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah partisian sebanyak 7 orang guru sekolah dasar yang pernah melakukan tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Data dikumpulkan berupa rekaman wawancara yang didapatkan dibantu dengan pedoman wawancara dan menggunakan analisis tematik. Hasil yang didapatkan dari penelitian didapatkan 4 tema yaitu pemahaman guru tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dengan 2 subtema yaitu pengetahuan masih terbatas dan efikasi diri, kesadaran tentang penyebab terjadinya resiko kedaruratan dengan 2 subtema yaitu akibat trauma dan bukan akibat trauma, respon guru dalam situasi darurat dengan 2 subtema yaitu respon kognitif dan respon psikologis, tindakan guru terkait pertolongan pertama dengan 4 subtema yaitu penanganan langsung, memberikan penanganan sementara lalu membawa ke fasilitas kesehatan, langsung membawa ke fasilitas kesehatan dan mengikuti arahan dari orang tua. Saran bagi sekolah dalam pemberian pelatihan kepada guru atau tenaga pendidik di sekolah mengenai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emil Huriani, S.Kp.,MN
Uncontrolled Keywords: P3K, Guru, Pengalaman Guru
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:51
Last Modified: 29 Aug 2022 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110674

Actions (login required)

View Item View Item