Study Jenis Komplain Pasien Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Kota Padang Tahun 2022

Aisyah, Mardiah Fezani (2022) Study Jenis Komplain Pasien Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan instalasi pelayanan kesehatan paling sibuk karena dibuka selama 24 jam untuk melayani pasien, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan beban kerja pada pemberi layanan dirumah sakit. Meningkatnya beban kerja mengakibatkan kelelahan bagi pemberi layanan sehingga kemampuan kerja menjadi menurun dan membuat beberapa tugas tidak bisa terjalankan dengan baik, kondisi demikian mengakibatkan munculnya ketidakpuasan pada pasien. Ketidakpuasan pada pasien akan mengakibatkan terjadinya keluhan atau komplain pasien. Komplain pasien di rumah sakit merupakan masalah disemua negara termasuk di Indonesia, salah satunya pada instalasi rawat inap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui distribusi frekuensi jenis komplain pasien berkaitan dengan sarana, sikap, pelayanan dan lingkungan rawat inap. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik Proportionate Random Sampling menggunakan 84 responden. Hasil penelitian didapatkan (34,5 %) komplain terhadap sarana, (56 %) komplain terhadap sikap, (69%) komplain terhadap pelayanan dan (25%) komplain terhadap lingkungan rumah sakit. Rumah sakit diharapkan untuk dapat memperhatikan semua kategori komplain di ruangan rawat inap terutama pada sikap dan pelayanan berkaitan dengan cara bekomunikasi dan bersikap kepada pasien dengan diadakannya pelatihan kusus seperti service excellent, dan komunikasi efektif sehingga pasien merasa dihargai dan dilayani secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S. kp. M. Kep
Uncontrolled Keywords: Rawat Inap, Kepuasan, Komplain
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:26
Last Modified: 26 Aug 2022 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110550

Actions (login required)

View Item View Item