HUBUNGAN PERSEPSI LANSIA MENGENAI VAKSIN COVID-19 DENGAN TINGKAT KECEMASAN AKAN VAKSINASI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG TAHUN 2022

Dinda, Tsurayya (2022) HUBUNGAN PERSEPSI LANSIA MENGENAI VAKSIN COVID-19 DENGAN TINGKAT KECEMASAN AKAN VAKSINASI COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya capaian vaksin COVID-19 bagi lansia di Puskesmas Pauh salah satunya disebabkan oleh kekhwatiran lansia dengan beredarnya informasi yang salah mengenai efek samping yang ditimbulkan setelah dilakukannya vaksinasi COVID-19. Hal tersebut menyebabkan lansia tidak mau divaksin COVID-19, karena persepsi yang ditimbulkan mengenai vaksin COVID-19 berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi lansia mengenai vaksin COVID-19 dengan tingkat kecemasan akan vaksinasi COVID-19 di wilayah kerja Puskesmas Pauh Kota Padang tahun 2022. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 354 lansia. Pengambilan data menggunakan kuesioner persepsi mengenai vaksin COVID-19 dan kuesioner kecemasan Generalized Anxiety Disorder (GAD-7). Hasil penelitian didapatkan sebagian besar lansia memiliki persepsi positif terhadap vaksin (58,5%) dan sebagian besar lansia memiliki tingkat kecemasan ringan akan vaksinasi COVID-19 (55,6%). Terdapat hubungan persepsi mengenai vaksin COVID-19 dengan tingkat kecemasan akan vaksinasi COVID-19 dengan p value 0,000 < 0,05. Diharapkan lansia mendapatkan informasi dan edukasi terkait vaksin COVID-19 dan kepada petugas kesehatan dapat mengoptimalkan memberikan penyuluhan dalam meningkatkan penerimaan lansia akan vaksinasi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: vaksin COVID-19, persepsi, kecemasan, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:37
Last Modified: 26 Aug 2022 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110446

Actions (login required)

View Item View Item