ANALISIS TAX EFFORT EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN, DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PADANG TAHUN 2018-2021

Rahmi, Yanti (2022) ANALISIS TAX EFFORT EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN, DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PADANG TAHUN 2018-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan otonomi daerah dengan tujuan untuk memudahkan pemerintah daerah mengatur urusan daerah secara mandiri. Kota Padang merupakan salah satu daerah yang melaksanakan kebijakan otonomi daerah dan membutuhkan banyak dana untuk membiayai pembangunan daerahnya. Potensi terbesar yang dimiliki Kota Padang dalam pembiayaan belanja daerah berasal dari pajak daerah dan diharapkan mampu memberikan kontribusi terbesar dalam PAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tax effort, efektivitas, dan kontribusi penerimaan pajak hotel, restoran, reklame terhadap PAD Kota Padang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Laporan Realisasi Anggaran Pemerintah Kota Padang selama empat tahun yaitu dari 2018-2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tax Effort Penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame Kota Padang Sangat Kurang. Rata-rata dalam kurun waktu empat tahun dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021, Tax Effort pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame hanya dibawah 10%.2) Tingkat efektivitas pajak hotel rata-rata selama 4 tahun dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 sebesar 103,67%, pajak restoran sebesar 99,42%, dan pajak reklame sebesar 95,58%. 3) Kontribusi penerimaan pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame pada Pendapatan Asli Daerah Kota Padang Sangat kurang. Rata-rata dalam kurun waktu empat tahun dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021, pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) hanya dibawah 10%. Kata Kunci : Tax Effort, Efektivitas, Kontribusi, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Rekalme, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Indah Permata Suryani, SE., M.Sc
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:26
Last Modified: 25 Aug 2022 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110380

Actions (login required)

View Item View Item