Isu Keagamaan dalam Pembingkaian Media (Analisis Framing Model Robert N. Entman terhadap Berita Polemik Jilbab di SMK Negeri 2 Padang pada Detik.com dan Republika Online)

Rahmat, Rio Yuherdi (2022) Isu Keagamaan dalam Pembingkaian Media (Analisis Framing Model Robert N. Entman terhadap Berita Polemik Jilbab di SMK Negeri 2 Padang pada Detik.com dan Republika Online). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Latar belakang, Rumusan masalah, Tujuan dan Manfaat)
BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
Tesis Full.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian berita polemik jilbab di SMK Negeri 2 Padang pada Detik.com dan Republika Online serta menganalisis level yang paling mempengaruhi pembingkaian tersebut jika dikaitkan dengan Teori Hierarki Pengaruh Isi Media Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis framing serta paradigma konstruksionis. Adapun model framing yang digunakan adalah model Robert N. Entman, yang terdiri dari empat elemen perangkat framing yakni Define Problems (pendefenisian masalah), Diagnose Causes (memperkirakan penyebab masalah), Make Moral Judgement (Membuat Pilihan Moral) dan Treatment Recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Detik.com memberikan frame kasus polemik jilbab di SMK Negeri 2 Padang sebagai bentuk intoleransi, merupakan bentuk pemaksaan pemakaian jilbab bagi siswi nonmuslim, tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila (tidak pancasilais) dan pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Sementara Republika Online, memberikan frame salah interpretasi, miskomunikasi, bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal, tidak ada unsur paksaan dan isu aturan jilbab di SMKN 2 Padang dibesar-besarkan. Jika dikaitkan dengan Teori Hierarki Pengaruh Isi Media Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, level ekstra media yaitu sumber penghasilan media dan pangsa pasar merupakan level yang paling mempengaruhi framing Detik.com, dimana motif dibalik framing lebih banyak kepada motif ekonomi. Sedangkan pada Republika Online, level yang paling mempengaruhi framing adalah level ideologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media, framing, Jilbab, SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:34
Last Modified: 02 Sep 2022 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110293

Actions (login required)

View Item View Item