Pengambangan Produk Minuman Teh Sungkai dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen dan Respon Teknis Produsen (Studi Kasus : Teh Royal Sungkai Sinatra)

Intan, Juwita (2022) Pengambangan Produk Minuman Teh Sungkai dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen dan Respon Teknis Produsen (Studi Kasus : Teh Royal Sungkai Sinatra). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
1. INTAN JUWITA (1810932006)_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. INTAN JUWITA (1810932006)_PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. INTAN JUWITA (1810932006)_PENUTUP.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. INTAN JUWITA (1810932006)_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. INTAN JUWITA (1810932006)_TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aspek penting yang perlu dilakukan oleh produsen agar produknya dapat bersaing yaitu dengan melakukan pengembangan dan inovasi produk. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan pada saat pandemi Covid-19 ini yaitu minuman dan makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Salah satu tanaman herbal yang marak digunakan pada saat pandemi ini yaitu daun Sungkai. Tim dosen STP (Science Techno Park) mengembangkan daun sungkai tersebut menjadi teh royal sungkai Sinatra. Minuman ini merupakan produk baru hasil inovasi yang berawal dari maraknya penggunaan daun sungkai sebagai alternatif pengobatan Covid-19. Tingginya testimoni masyarakat yang sembuh dari Covid-19 setelah mengonsumsi rebusan daun sungkai, mengakibatkan peningkatan penggunaan daun sungkai oleh masyarakat. Namun air rebusan daun sungkai jika diminum langsung terasa pahit dan tidak praktis. Oleh karena itu pengembangan produk minuman teh royal sungkai ini sangat penting untuk dilakukan agar preferensi konsumen terpenuhi. Penelitian ini menggunakan integrasi metode Conjoint Analysis dan QFD. Metode Conjoint Analysis berfungsi untuk meneliti pasar terhadap preferensi konsumen mengenai atribut dan level yang menjadi fokus pelanggan, sedangkan QFD merupakan alat perencanaan yang berfungsi untuk memastikan preferensi konsumen diketahui pemilik usaha dalam pembuatan produk untuk peningkatan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh empat atribut penting bagi konsumen terhadap produk minuman teh sungkai, yaitu atribut rasa, aroma, warna, dan harga. Berdasarkan atribut dan level yang dianggap penting tersebut diperoleh 16 kombinasi produk dari hasil olahan SPSS. Kombinasi produk terbaik yaitu rasa lemon dengan aroma normal, teh memiliki warna coklat, dan harga <Rp20.000. Selanjutnya dilakukan pengolahan respon teknis produsen berdasarkan preferensi konsumen yang telah didapatkan melalui metode Conjoint Analysis. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan empat respon teknis, dengan respon teknis yang memiliki nilai kepentingan relatif tertinggi yaitu pemilihan bahan baku dengan nilai 25%, artinya pengembangan pertama yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah pemilihan bahan baku produk minuman teh royal sungkai Sinatra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri, M.T.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:54
Last Modified: 25 Aug 2022 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110276

Actions (login required)

View Item View Item