HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER DENGAN PENERAPAN GAYA HIDUP SEHAT PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

Miftahul, Khairina Hidayat (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER DENGAN PENERAPAN GAYA HIDUP SEHAT PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (947kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Bab VII)
BAB VII KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kejadian penyakit jantung koroner pada individu usia muda terus mengalami peningkatan. Sangat penting bagi seseorang, khususnya generasi muda dan mahasiswa yang memiliki latar belakang pendidikan keperawatan untuk menerapkan perilaku hidup sehat agar dapat mencegah penyakit jantung koroner sedini mungkin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan perilaku hidup sehat pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 203 orang dan menggunakan teknik propotional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan kuisioner Heart Disease Fact Question (HDFQ) dan kuisioner Health-Promoting Lifestyle Profile II (HDFQ) melalui media Google form. Data ini dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pengetahuan mahasiswa Fakultas Keperawatan adalah baik dengan penerapan gaya hidup sehat pada kategori sedang. Indikator pengetahuan tentang faktor risiko penyakit jantung koroner yang tidak dapat dimodifikasi dan aktivitas fisik pada penerapan gaya hidup sehat mendapat skor rata-rata terendah. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan tentang faktor risiko penyakit jantung koroner dengan penerapan gaya hidup sehat (p=0.002). Oleh karena itu, masih diperlukan peningkatan pengetahuan mahasiswa tentang faktor risiko penyakit jantung koroner yang tidak dapat dimodifikasi dan meningkatkan aktivitas fisik dengan pembentukan unit kegiatan mahasiswa di fakultas keperawatan yang berorientasi pada aktifitas fisik dan olahraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emil Huriani, S.Kp, M.N
Uncontrolled Keywords: Penyakit Jantung Koroner, Pengetahuan, Gaya Hidup Sehat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:39
Last Modified: 26 Aug 2022 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110257

Actions (login required)

View Item View Item