Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Dan Kemampuan Remaja Putri Melakukan Praktik SADARI Di SMAN 1 Pariangan

Natasya, Natasya (2022) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Dan Kemampuan Remaja Putri Melakukan Praktik SADARI Di SMAN 1 Pariangan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (781kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Angka prevalensi kanker cukup tinggi di Kecamatan Pariangan, sehingga diperlukan pencegahan dan deteksi dini kanker payudara. Sedangkan pengetahuan dan kemampuan SADARI pada remaja di SMAN 1 Pariangan masih rendah, sehingga diperlukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SADARI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan booklet dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan kemampuan remaja putri melakukan praktik SADARI di SMAN 1 Pariangan. Metode yang digunakan Pre Experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini siswi kelas XI SMAN 1 Pariangan, berjumlah 76 orang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan teknik pengolahan data uji Wilcoxon. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengetahuan dan kemampuan SADARI. Hasil penelitian sebelum intervensi 37 responden (48,7%) memiliki pengetahuan kurang, sesudah intervensi 59 responden (77,6%) memiliki pengetahuan baik (p value = 0,000). Sebelum intervensi 72 responden (94,7%) memiliki kemampuan kurang, sesudah intervensi 63 responden (82,9%) memiliki kemampuan baik (p value = 0,000). Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan booklet dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan kemampuan remaja putri dalam melakukan praktik SADARI. Diharapkan pendidikan kesehatan SADARI menjadi salah satu program penyuluhan kesehatan reproduksi remaja bagi Instansi terkait baik sekolah maupun puskesmas setempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., M.N., Ph.D
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, kemampuan, SADARI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:04
Last Modified: 24 Aug 2022 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110157

Actions (login required)

View Item View Item