santy, maduma rumahorbo (2022) PENGAWASAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG TAHUN 2020-2021. Diploma thesis, Universitas andalas.
Text (Cover & Abstrak)
coverdanabstrak2.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
pendahuluanbab1.pdf - Published Version Download (675kB) |
|
Text (BAB VI Kesimpulan)
kesimpulanbab6.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftarpustakafix.pdf - Published Version Download (300kB) |
|
Text (Skripsi full text)
skripsifullfix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wabah Covid-19 di dunia dimana berbagai aktifitas kegiatan yang juga ikut berhenti yang salah satunya proses pembelajaran tatap muka. Untuk itu salah satu upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus melakukan kegiatan belajar mengajar adalah dengan proses Pembelajaran Jarak Jauh. Berdasarkan Peraturan WalikotPadang Nomor 79 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 tahun pembelajaran 2020-2021, pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 membutuhkan pengawasan. Oleh karena itu, penelitian ini mendeskripsikan pengawasan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang dalam pelaksanaan PJJ di sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah trianggulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 11 orang. Penelitian ini menggunakan teori pengawasan yang digunakan oleh T. Hani Handoko.Hasil penelitian dengan menggunakan teori Pengawasan menurut T.Hani Handoko menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang dalam pembelajaran di masa pandemi sudah berjalan dengan baik namun tetap masih ada kendala dalam menjalankannya. Hal ini diperjelas pada variabel perbandingan pelaksanaan dengan analisa penyimpangan bahwa dalam menginterprestasikan adanya penyimpangan dalam pelaksanaan PJJ berupa ada beberapa guru pada proses pembelajaran langsung memberikan tanpa menjelaskan materi kepada murid-muridnya. Untuk itu sebaiknya ada komitmen antar pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh agar semua kegiatan yang direncanakan dapat terialisasi dengan baik. Kata kunci : Pengawasan, Pembelajaran Jarak Jauh, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Hendri Koeswara, S.IP, M.Soc.Sc |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:04 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109863 |
Actions (login required)
View Item |