Ahdinur, R (2022) Analisis Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Pelayanan Kesehatan Jkn Di Rumah Sakit Ibu Anak Mutiara Bunda Padang Tahun 2021. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER,ABSTRAK)
COVER ,ABSTRAKS ,PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN (2).pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (13kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL)
09082022 REVISI TESIS RAHMIDA YANTI AHDINUR (12).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan pengembalian berkas klaim disebabkan oleh ketidaklengkapan dan ketidaksesuaian dokumen berkas klaim pelayanan kesehatan JKN mulai dari pelayanan administrasi, pengisian resume medis, pengkodean dan entri data, verifikasi berkas klaim, serta pengajuan klaim. RSIA Mutiara Bunda merupakan rumah sakit Ibu Anak yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan KC Padang, kasus pending cukup tinggi dibandingkan dari seluruh klaim yang ditagihkan tahun 2021 pada RSIA yaitu sebanyak 2%. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya informasi mendalam terkait pengembalian berkas klaim pelayanan kesehatan JKN di RSIA Mutiara Bunda Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen, serta analisis data melalui tahapan triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil penelitian dari sisi pelayanan admission, belum lengkapnya dokumen klaim yang dipersyaratkan, dari sisi pengkodean dan entri data klaim belum sesuai dengan aturan koding, dari sisi verifikasi berkas klaim masih terjadi pending dikarenakan terlewatnya pada saat verifikasi terkait ketidaklengkapan berkas klaim, adanya formulir yang tidak terscan dan kesalahan pengkodean. Harapannya dukungan dan peran serta dari Manajemen Rumah Sakit dalam hal penyediaan SOP, PPK Rumah sakit, uraian tugas sesuai peran dan fungsi dan kelengkapan sarana prasarana. Selain itu dibutuhkan koordinasi dan persamaan persepsi terkait regulasi bersama BPJS kesehatan dan organisasi perhimpunan. Kementrian kesehatan selaku regulator melakukan sosialisasi dalam rangka memastikan semua regulasi yang dibuat pemahamannya sama oleh pihak terkait. . Kata kunci: Berkas klaim, BPJS, JKN, Pengembalian, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:50 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109551 |
Actions (login required)
View Item |