Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia Di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2022

Yang, Gusti Mulya (2022) Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia Di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT YANG GUSTI MULYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses penuaan pada lansia mengakibatkan berbagai perubahan baik fisik, psikologis, sosial dan lingkungan yang menyebabkan perubahan kualitas hidup pada lansia.Salah satu sub domain pada kualitas hidup yaitu istirahat dan tidur. Tidur merupakan indikator kunci kualitas hidup, gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kekuatan serta arah korelasi antara kualitas tidur dengan kualitas hidup lansia di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Wilayah Kerja Puseksmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang tahun 2022. Desain penelitian ini adalah desain penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini 265 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner PSQI dan WHOQOL�BREF. Data diolah dengan menggunakan uji Spearmen Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kualitas tidur dengan kualitas hidup pada lansia dengan kekuatan sedang (r=0,460) dan arah korelasi negatif (p=0.000) bahwa semakin tinggi skor kualitas tidur (buruk) semakin baik kualitas hidup. Lansia diharapkan agar tetap beraktivitas fisik, mengikuti kegiatan-kegiatan dilingkungan tempat tinggal seperti mengikuti kegiatan pengajian, mengikuti senam lansia atau mengikuti kegiatan arisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp.,M.Kes.,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hidup, Kualitas Tidur, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:52
Last Modified: 22 Aug 2022 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109550

Actions (login required)

View Item View Item