MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DAN PERSIMPANGAN AKIBAT PENGEMBANGAN KAWASAN KAMPUS III UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG, SUNGAI BANGEK, KOTA PADANG

Afrizal, Putra Prices (2022) MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DAN PERSIMPANGAN AKIBAT PENGEMBANGAN KAWASAN KAMPUS III UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG, SUNGAI BANGEK, KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5 (Kesimpulan))
BAB 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Laporan Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang merupakan kampus Islam tertua di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, memiliki tiga lokasi kampus yang berbeda yaitu kampus I yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 15 Kota Padang dan kampus II yang berada di daerah Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, kemudian kampus III dalam kondisi pembangunan yang berlokasi di daerah Sungai Bangek Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Pembangunan Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang membawa perubahan peningkatan volume lalu lintas yang mana perubahan volume lalu lintas itu sendiri akan menimbulkan ketidakseimbangan antara jumlah lalu lintas yang di bangkitkan dan kapasitas jalan di sekitar kawasan Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, sehingga perlu dilakukan manajemen rakayasa lalu lintas pada pembangunan kawasan Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Manajemen rekayasa lalu lintas sendiri adalah kajian atau kegiatan yang menilai efek-efek yang ditimbulkan akibat pengembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan lalu lintas pada suatu ruas jalan terhadap jaringan transportasi disekitarnya. Penelitian ini dilakukan di kawasan sekitar Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang meliputi ruas Jalan IAIN Baru, Jalan Kebun, Jalan Tapak Tilas, Jalan Empat Lima dan Jalan Hidayah. Analisis yang dilakukan meliputi analisis kinerja ruas jalan dan persimpangan, analisis bangkitan dan tarikan, analisis kebutuhan parkir dan analisis penanganan dampak lalu lintas. Untuk analisis kinerja ruas jalan dan persimpangan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI, 2014) sebagai parameter dalam kinerja lalu lintas, untuk analisis bangkitan dan tarikan menggunakan Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (Tamin, O. Z., 2000), sedangkan untuk analisa kebutuhan parkir menggunakan Pedoman Teknik Lalu Lintas (Pignataro L. J., 1973) dan Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir (Dirjen Perhubungan Darat, 1996). Analisis akhir dampak lalu lintas masa konstruksi pada ruas Jalan Hidayah, Jalan Kebun, Jalan IAIN Baru, Jalan Tapak Tilas dan Jalan Empat Lima yaitu dengan tingkat pelayanan B, B, A, A dan B. Kemudian untuk masa paska konstruksi 5 tahun yang akan datang yaitu dengan tingkat pelayanan C, C, B, A dan C.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Yossyafra, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: MRL, Volume Lalu Lintas, Kecepatan, Tingkat Pelayanan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:06
Last Modified: 22 Aug 2022 02:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109513

Actions (login required)

View Item View Item