Implementasi Interprofessional Education pada Metode Pendidikan Berbasis Komunitas: Sebuah Tinjauan Literatur

Muhammad, Aviv Zumafra (2022) Implementasi Interprofessional Education pada Metode Pendidikan Berbasis Komunitas: Sebuah Tinjauan Literatur. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan kesehatan merupakan bentuk tindakan mandiri layanan kesehatan untuk membantu klien baik individu, kelompok, maupun masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatannya melalui kegiatan pembelajaran. Menurut WHO, pendidikan terintegrasi yang dicetuskan sebagai media kolaborasi dalam pendidikan kesehatan adalah Interprofessional Education (IPE) sebagai salah satu metode pendidikan bagi mahasiswa kesehatan di komunitas yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam praktek kolaborasi interprofesi atau biasa disebut dengan Interprofessional Collaboration (IPC). Tulisan ini merupakan tinjauan literatur yang meninjau berbagai jurnal penelitian mengenai implementasi IPE di komunitas dengan menyeleksi literatur melalui database PubMed, dan Google Scholar dengan kata kunci menyesuaikan topik penelitian. Sebanyak 8 literatur didapatkan dari pencarian menggunakan database PubMed, dan Google Scholar untuk ditinjau. Efektivitas program IPE dinilai dari faktor pendukung dan faktor penghambat program. Implementasi IPE pada metode pendidikan berbasis komunitas mempengaruhi kompetensi mahasiswa dalam berkolaborasi antar mahasiswa kesehatan. Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai implementasi IPE di komunitas agar mengetahui metode lain yang dapat dilakukan sebagai acuan implementasi IPE di komunitas dalam pendidikan kolaborasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Ida Rahmah Burhan, MARS
Uncontrolled Keywords: Interprofessional Education, Interprofessional Collaboration, Community Based Education, Pendidikan Kesehatan, Mahasiswa Kedokteran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:30
Last Modified: 22 Aug 2022 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109495

Actions (login required)

View Item View Item