HUBUNGAN ANTARA RASIO DELAMINASI DENGAN KEAUSAN TEPI PAHAT PADA PROSES MENGGURDI KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT DAUN NANAS (PALFs)

MURDANI, MURDANI (2022) HUBUNGAN ANTARA RASIO DELAMINASI DENGAN KEAUSAN TEPI PAHAT PADA PROSES MENGGURDI KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT DAUN NANAS (PALFs). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
COVER MURDANI,1820912005.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, MURDANI,1820912005, PDF.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN, MURDANI,1820912005, PDF.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB PENUTUP,KESIMPULAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text (fulltext)
Tesis Murdani Nim 1820912005 pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTARAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terjadinya delaminasi dengan keausan tepi pahat pada proses menggurdi material komposit berpenguat serat daun nanas. Untuk material komposit berpenguat serat daun nanas dipersiapkan dalam bentuk lembaran yang dijalin (woven mat). Lembaran komposit kemudian disusun dalam 3 (tiga) lapisan (stacking) dalam matrik termoplastik dengan metoda Hand Lay-up. Adapun orientasi serat masing- masing lembaran adalah 900 dan 450. Komposit kemudian dilubang dengan mempergunakan proses menggurdi dengan dua kondisi, yaitu kondisi ringan dan berat. Kualitas lubang dalam aspek delaminasi dan keausan tepi pahat diukur dengan mempergunakan mikroskop optik yang dilengkapi perangkat lunak pengukuran. Selanjutnya hubungan antara nilai rasio delaminasi dan keausan tepi pahat hasil menggurdi dibangun. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan antara pertumbuhan keausan tepi pahat dengan terjadinya delaminasi lubang pada proses menggurdi material komposit ini dan dengan kondisi pemotongan yang dipilih. Hasil ini telah diverifikasi dengan menggunakan Analysis of Variances (ANOVA) dan Trend Analysis. Kata kunci: Komposit berpenguat serat daun nanas, nilai rasio delaminasi, proses menggurdi, keausan tepi pahat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:49
Last Modified: 15 Aug 2022 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108954

Actions (login required)

View Item View Item