DIFUSI INOVASI PROGRAM MASYARAKAT PEDULI TB TANJUNG GADANG (MASPETTAG) DI PUSKESMAS TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG

Septia, Refni Darmisa (2022) DIFUSI INOVASI PROGRAM MASYARAKAT PEDULI TB TANJUNG GADANG (MASPETTAG) DI PUSKESMAS TANJUNG GADANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (961kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB Terakhir penutupan dan kseimpulan.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Septia Refni Darmisa- SKRIPSI- final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan difusi inovasi program Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang (Maspettag) di Puskesmas Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Latar belakang dari penelitian ini yaitu mengenai masalah kesehatan salah satunya mengenai penyakit TB atau dikenal dengan sebutan Tuberkulosis. Berdasarkan peraturan Kementerian Kesehatan RI Nomor 67 Tahun 2016 dijelaskan bahwa tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan yang menimbulkan kesakitan, kecacatan, dan kematian yang tinggi sehingga perlu dilakukan upaya penanggulangan. Pemerintah Kabupaten Sijunjung telah berupaya dalam penanggulangan tuberkulosis melalui inovasi program Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang (Maspettag) di Puskesmas Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Dalam Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi dari M. Rogers yang terdiri dari empat variabel diantaranya the innovation (inovasi), communication channels (saluran komunikasi), time (jangka waktu), dan a social system (sistem sosial). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa difusi inovasi program Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang (Maspettag) sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari inovasi program Maspettag telah memenuhi indikator-indikator teori difusi inovasi. Meskipun masih terdapat kendala yang dialami oleh kader saat turun lapangan karena adanya penolakan dari masyarakat. Pada bagian saluran komunikasi inovasi program Maspettag tidak menggunakan media sosial dan hanya menggunakan saluran interpersonal untuk penyebaran inovasi kepada masyarakat. Pada variabel waktu penyebaran inovasi tergolong cukup cepat ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah penemuan terduga TB. Terakhir, variabel sistem sosial inovasi program Maspettag secara keseluruhan telah memenuhi indikator dari sistem sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Uncontrolled Keywords: inovasi pelayanan, Inovasi program Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang (Maspettag), Puskesmas Tanjung Gadang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:16
Last Modified: 15 Aug 2022 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108860

Actions (login required)

View Item View Item