Hubungan Tingkat Kecemasan Dental Terhadap Perawatan Dental Menggunakan Modified Dental Anxiety Scale Pada Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas

Darfirahman, Syafrawi Dinata (2022) Hubungan Tingkat Kecemasan Dental Terhadap Perawatan Dental Menggunakan Modified Dental Anxiety Scale Pada Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
bab 6 penutup.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan dental adalah kecemasan yang terjadi pada seorang individu yang mengunjungi dokter gigi. Kecemasan dental memiliki gejala yaitu takut rasa sakit, takut yang tidak diketahui, takut keracunan merkuri, takut paparan radiasi, takut tersedak, rasa tidak berdaya di dental chair, dan kurangnya kontrol selama perawatan dental. Individu yang mengalami kecemasan dental akan menunda berkunjung ke dokter gigi sehingga menyebabkan kondisi rongga mulut dan angka kualitas hidup mengalami penurunan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dental terhadap perawatan dental menggunakan modified dental anxiety scale pada pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel penelitian dipilih 100 orang menggunakan teknik consecutive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan kusioner modified dental anxiety scale. Hasil: Diketahui sebagian besar terdapat 29 orang responden pasien konservasi gigi mengalami kecemasan rendah (29%) dan sebagian kecil terdapat 4 responden pasien penyakit mulut yang mengalami kecemasan rendah (4%). Hasil uji statistik hubungan tingkat kecemasan dental terhadap perawatan dental di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas dengan menggunakan Uji Fisher’s Exact diperoleh nilai p = 0.769 (p>0,05). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecemasan dental terhadap perawatan dental menggunakan modified dental anxiety scale di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.drg. Lendrawati, MDSc
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Kecemasan dental, Modified dental anxiety scale, Perawatan dental, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Aug 2022 09:33
Last Modified: 12 Aug 2022 09:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108802

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item