ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT BUNDARAN (STUDI KASUS - DI SIMPANG EMPAT MESJID AL-HAKIM PANTAI PADANG JL.HAYAM WURUK, JL.NIPAH, JL.SAMUDERA, JL.MUARA)

Al Farizy, Muhammad Farhan (2022) ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT BUNDARAN (STUDI KASUS - DI SIMPANG EMPAT MESJID AL-HAKIM PANTAI PADANG JL.HAYAM WURUK, JL.NIPAH, JL.SAMUDERA, JL.MUARA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB 5.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Fulltext))
TA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan yang ada di kota Padang dapat menjadi perhatian dikarenakan volume kendaraan yang terus bertambah setiap tahunnya, begitu pula dengan meningkatnya angka kecelakaan yang ada di kota Padang. Jumlah kendaraan yang ada di kota padang pada tahun 2021 sebanyak 488.950 unit dan pada tahun 2021 total kecelakaan yang tercatat sebanyak 705 kecelakaan dengan kerugian mencapai Rp 1.652.900 (BPS 2021). Konflik lalu lintas pada simpang empat bundaran Jl. Hayam Wuruk, Jl. Nipah, Jl. Samudera, Jl. Muara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, yang disebabkan oleh faktor manusia/pengendara, kendaraan dan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi jenis, frekuensi dan derah konflik serta menganalisis keselamatan pada persimpangan dengan memperhatikan tingkat keseriusan konflik dari pergerakan arus lalu lintas. Untuk menganalisa konflik lalu lintas yang terjadi digunakan metoda Time Traffic Conflict Technique. Data yang di dapat pada metoda dengan cara merekam pergerakan lalu lintas dengan menggunakan drone. Pengambilan video dilakukan 3 pada weekday dan weekend pukul 17.15 WIB – 17.30 WIB dan juga pada waktu maghrib 18.30-18.45 WIB. Kecepatan rata-rata kendaraan yang didapatkan adalah 7,1 km/jam. Analisa konflik lalu lintas dilakukan dengan memodelkan 4 simpang. Dari permodelan 4 simpang didapatkan jumlah total konflik 329 kejadian konflik yang dibagi dari 4 jenis konflik weaving, divering, crossing dan merging, dengan persentase kejadian konflik weaving 16 %, divering 3 %, crossing 46 % dan merging 35 %. Tingkat keseriusan konflik yang terjadi berjumlah 329 kejadian yang terbagi atas 132 kejadian konflik atau 40,12 % serious sonflict dan 197 kejadian konflik atau 59,88 % non-serious sonflict. Persimpangan ini dikategorikan sebagai persimpangan non-serious sonflict.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSSYAFRA, PhD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:12
Last Modified: 16 Aug 2022 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108791

Actions (login required)

View Item View Item