PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA SLIDE POWERPOINT DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT) PADA REMAJA DI SMKN X PADANG

Tiara, Auliya (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA SLIDE POWERPOINT DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT) PADA REMAJA DI SMKN X PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover da Abstrak)
COVER 2.pdf

Download (170kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB VII.pdf

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (Skripsi Fullext)
SKRIPSI TIARA AULIYA_1811311008-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Populasi LGBT di dunia diperkirakan sebanyak 10% dari 7,5 milyar penduduk di dunia. Kebanyakan dari kaum LGBT mulai menyadari dirinya mempunyai kecenderungan penyimpangan seksual ketika berusia remaja. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang LGBT melalui pemberian pendidikan kesehatan tentang LGBT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media slide PowerPoint dan Leaflet terhadap pengetahuan dan sikap tentang LGBT pada remaja di SMK Negeri X Padang. Desaian penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment Design dengan rancangan penelitian Pre Test-Post Test Control Group Design. Sampel penelitian adalah sebanyak 60 orang siswa kelas 10 di SMKN X Padang, yaitu 30 orang kelompok eksperimen dan 30 orang kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik Poportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner diolah dengan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 7,90 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah 11,43. Rata-rata sikap sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 37,37 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah 47,70. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang LGBT terhadap pengetahuan dan sikap remaja di SMKN X Padang dengan nilai p = 0,000 (p≤0,05). Berdasarkan penelitian ini, diharapkan pada sekolah untuk berkolaborasi dengan tenaga kesehatan di puskesmas terdekat untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang LGBT pada siswa di SMKN X Padang. Kata Kunci : LGBT, Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Remaja, Sikap Daftar Pustaka : 45 (2007 - 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: LGBT, Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Remaja, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:05
Last Modified: 22 Aug 2022 05:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108761

Actions (login required)

View Item View Item