Hubungan Status Merokok terhadap kualitas Tidur pada Remaja Usia Sekolah Tingkat SLTA di Kecamatan Bonjol dan Lubuk Sikaping

Tri Jaya, Abdi (2022) Hubungan Status Merokok terhadap kualitas Tidur pada Remaja Usia Sekolah Tingkat SLTA di Kecamatan Bonjol dan Lubuk Sikaping. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan : Penggunaan rokok merupakan permasalahan kesehatan terbesar yang dihadapi. Aktivitas ini setidaknya telah memberikan dampak buruk seperti terjadinyan penurunan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, status merokok, kualitas tidur, dan hubungan merokok dengan kualitas tidur remaja usia sekolah tingkat SLTA. Metode : Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross-sectional study dengan pengambilan sampel dari teknik convenience sampling. Populasi penelitian ini adalah para pelajar usia sekolah tingkat SLTA di Kecamatan Bonjol dan Lubuk sikaping dengan jumlah sampel adalah 96 orang. Data diperoleh berupa data primer dari kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil : Kelompok remaja sekolah usia terbanyak adalah laki-laki dengan usia 17 tahun dan 18 tahun,dengan kategori terbanyak adalah perokok dan kualitas tidur yang buruk. Terkait hubungan antara status merokok memiliki hubungan bermakna secara statistik terhadap kualitas tidur. Penelitian ini juga mendapatkan bahwa remaja dengan status perokok lebih berisiko 5,402 kali lipat dibandingkan perokok (bekas perokok dan bukan perokok) terhadap penurunan kualitas tidur (p=0,001 ; OR=5,402). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara status merokok terhadap kualitas tidur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fenty Anggrainy Sp.P(K), FISR, FAPSR dan dr. Restu Susanti,Sp.S(K), M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Remaja usia sekolah, status merokok, status kualitas tidur
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:55
Last Modified: 25 Aug 2022 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108743

Actions (login required)

View Item View Item