Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas Tahun 2022

Tiara, Niken Rahmadhina (0029) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (BAB 6 (KESIMPULAN DAN SARAN))
BAB 6 (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL-TEXT)
SKRIPSI FULL-TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Survey awal didapatkan 80% mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas tidak patuh dalam penggunaan masker. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan masker pada mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas tahun 2022. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi mahasiswa angkatan 2020 di Teknik Mesin Universitas Andalas yaitu 122 orang dengan sampel 60 orang menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dan analisis multivariat dengan analisis regresi logistik. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 75% mahasiswa patuh dalam penggunaan masker, 51,7% berpengetahuan baik, 71,7% bersikap positif, 76,7% ketersediaan sarana dan prasarana memadai, 73,7% terpapar informasi kesehatan dengan baik. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan sikap dengan kepatuhan (p=0,000), terdapat hubungan ketersediaan sarana dan prasarana dengan kepatuhan (p=0,000), dan terdapat hubungan paparan informasi kesehatan dengan kepatuhan (p=0,000), sedangkan variabel pengetahuan tidak berhubungan dengan kepatuhan. Hasil analisis multivariat menunjukkan ketersediaan sarana dan prasarana merupakan variabel yang berhubungan paling signifikan (p=0,001; POR= 46,517). Kesimpulan: Variabel paling berhubungan adalah ketersediaan sarana dan prasarana, maka sebaiknya pihak kampus melakukan penyediaan terhadap masker pada masing-masing laboratorium sehingga dapat memaksimalkan kepatuhan penggunaan masker sebagai upaya pencegahan COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ch. Tuty Ernawati, SKM, M.Kes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 12 Aug 2022 05:11
Last Modified: 12 Aug 2022 05:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108732

Actions (login required)

View Item View Item