HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DENTAL ANXIETY PADA PERAWATAN GIGI DAN MULUT ANAK KELAS 2 DAN 3 DI SD KARTIKA I-11 KOTA PADANG

Vania, Yohandevi (2022) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DENTAL ANXIETY PADA PERAWATAN GIGI DAN MULUT ANAK KELAS 2 DAN 3 DI SD KARTIKA I-11 KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (Bab I : Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (Bab VI : Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Dental anxiety atau kecemasan dental dapat diartikan sebagai penyebab dari gangguan psikologis, seperti ketakutan, depresi dan perasaan tidak nyaman terhadap perawatan gigi dan mulut. Indonesia memiliki prevalensi dental anxiety sebesar 22%. Dental anxiety yang terjadi pada anak-anak relatif umum yaitu sebesar 5,7% hingga 6,7%. Pola asuh orang tua dapat menjadi faktor yang memengaruhi dental anxiety. Orang tua sebagai pengasuh utama, jauh lebih memahami kondisi dan perilaku anaknya. Seringkali orang tua tidak menyadari bahwa pola asuh dapat memengaruhi perkembangan psikologis anak, termasuk perilaku kecemasan anak dalam menjalani perawatan gigi dan mulut. Dental anxiety menjadi perhatian penting dan merupakan hambatan terbesar bagi dokter gigi karena dapat menyebabkan anak menghindari perawatan gigi dan mulut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan dental anxiety pada perawatan gigi dan mulut anak. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 orang tua beserta anaknya yang pernah berkunjung ke dokter gigi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden menerapkan pola asuh otoriter (76%), diikuti pola asuh demokratif (24%) dan permisif dianggap 0 pada penelitian ini. Pada tingkat dental anxiety didapatkan dental anxiety ringan (64%), dental anxiety sedang (33%) dan dental anxiety berat (3%). Setelah dilakukan uji chi-square, didapatkan p = 0,046, p<0,05. Kesimpulan: Simpulan penelitian ini terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan dental anxiety pada perawatan gigi dan mulut anak kelas 2 dan 3 di SD Kartika I-11 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Murniwati, MPPM
Uncontrolled Keywords: dental anxiety, perawatan gigi dan mulut, pola asuh orang tua
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:35
Last Modified: 12 Aug 2022 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108627

Actions (login required)

View Item View Item