Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Berbasis Braille Dalam Meningkatkan Kebersihan Gigi Dan Mulut Penyandang Tunanetra

Faradina, Azzahra (2022) Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Berbasis Braille Dalam Meningkatkan Kebersihan Gigi Dan Mulut Penyandang Tunanetra. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Penyandang tunanetra berisiko memiliki kebersihan gigi dan mulut yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang memiliki penglihatan normal karena minimnya pengetahuan dan pendidikan mengenai kesehatan gigi dan mulut pada penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra memerlukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan metode yang tepat dan sesuai dengan keterbatasannya. Pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille adalah metode pendidikan dengan media membaca dan menulis taktil yang biasa digunakan penyandang tunanetra. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra. Metode: Pengumpulan berbagai referensi dari artikel dan literatur mengenai pengaruh dan efektivitas pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra didapatkan dari beberapa academic database yaitu Google Scholar, Pub Med, Research Gate, dan Elsevier. Jumlah artikel yang dibahas adalah 11 artikel dan diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil: Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, sebagian besar hasil menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille dapat meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan gigi yang berdampak baik pada kemampuan menjaga kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille berpengaruh dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Sri Ramayanti, MDSc, Sp. KGA
Uncontrolled Keywords: braille, kebersihan gigi dan mulut, pendidikan kesehatan gigi, tunanetra
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:44
Last Modified: 11 Aug 2022 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108624

Actions (login required)

View Item View Item