Faradina, Azzahra (2022) Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Berbasis Braille Dalam Meningkatkan Kebersihan Gigi Dan Mulut Penyandang Tunanetra. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (126kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (Full Text Skripsi)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Penyandang tunanetra berisiko memiliki kebersihan gigi dan mulut yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang memiliki penglihatan normal karena minimnya pengetahuan dan pendidikan mengenai kesehatan gigi dan mulut pada penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra memerlukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan metode yang tepat dan sesuai dengan keterbatasannya. Pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille adalah metode pendidikan dengan media membaca dan menulis taktil yang biasa digunakan penyandang tunanetra. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra. Metode: Pengumpulan berbagai referensi dari artikel dan literatur mengenai pengaruh dan efektivitas pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra didapatkan dari beberapa academic database yaitu Google Scholar, Pub Med, Research Gate, dan Elsevier. Jumlah artikel yang dibahas adalah 11 artikel dan diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil: Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, sebagian besar hasil menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille dapat meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan gigi yang berdampak baik pada kemampuan menjaga kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan gigi dan mulut berbasis braille berpengaruh dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut penyandang tunanetra.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | drg. Sri Ramayanti, MDSc, Sp. KGA |
Uncontrolled Keywords: | braille, kebersihan gigi dan mulut, pendidikan kesehatan gigi, tunanetra |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi |
Depositing User: | s1 pendidikan dokter gigi |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 08:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 08:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108624 |
Actions (login required)
View Item |