POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus terhadap Lima Orang Tua di Korong Sungai Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman)

Annisa, Nurlestari (2022) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GAWAI PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus terhadap Lima Orang Tua di Korong Sungai Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Annisa Nurlestari-1810811023.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan) Annisa Nurlestari-1810811023.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Bab IV (Kesimpulan))
BAB IV (Kesimpulan) Annisa Nurlestari-1810811023.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Annisa Nurlestari-1810811023.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Utuh Annisa Nurlestari-1810811023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini pesatnya arus globalisasi membuat kecenderungan anak usia dini mengenal dan berinteraksi dengan gawai. Orang tua tidak bisa menolak dan menjauhkan anaknya dari kemajuan teknologi ini. Dikarenakan gawai memberikan manfaat pada anak seperti sarana pengetahuan maupun sarana hiburan. Akan tetapi, gawai juga beresiko memberi pengaruh buruk terhadap tumbuh kembang anak. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi orang tua di zaman sekarang untuk mengawasi dan mengatur anaknya dalam menggunakan gawai. Setiap orang tua menerapkan cara yang berbeda-beda dalam mengasuh anaknya. Cara orang tua mengasuh anaknya dipengaruhi oleh berbagai faktor di dalam keluarga mereka. Perbedaan cara pengasuhan ini juga menimbulkan dampak yang berbeda terhadap anak. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap penggunaan gawai pada anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terlibat dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Latar belakang orang tua terkait penggunaan gawai pada anak usia dini. (2) Bentuk pola asuh yang dipraktekkan oleh orang tua terhadap penggunaan gawai pada anak usia dini di Korong Sungai Pinang yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Hal ini ditandai dengan cara orang tua mengasuh dan mengawasi anaknya bermain gawai sesuai dengan ciri-ciri pada pola asuh tersebut. Pada pola asuh otoriter ditandai dengan orang tua memberi batasan tegas terhadap penggunaan gawai pada anak, jika anak tidak mematuhi maka orang tua tidak segan memberi hukuman. Pada pola asuh permisif ditandai dengan orang tua memberi kebebasan anak menggunakan gawai sesuai keinginan anak dan enggan menerapkan aturan. (3) Dampak dari pola asuh orang tua terhadap penggunaan gawai pada anak usia dini yaitu pada pola asuh otoriter mendorong anak menjadi patuh dan disiplin terhadap aturan penggunaan gawai, sementara dampak negatifnya anak menjadi kurang percaya diri, sedangkan pada pola asuh permisif menghasilkan anak menjadi tidak bisa mengikuti aturan, memiliki kontrol diri yang buruk, dan memiliki kecenderungan egosentris, dan dampak positifnya dengan diberi kebebasan mendorong anak untuk mengeksplor rasa ingin tahunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azwar, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Penggunaan Gawai, Anak Usia Dini, Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:06
Last Modified: 10 Aug 2022 07:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108574

Actions (login required)

View Item View Item