Pengalaman Perawat Dalam Melaksanakan Timbang Terima Selama Masa Krisis Kesehatan di Ruang Rawat Inap Sakura Rumah Sakit Universitas Andalas

Deswita, Cynthia Permata (2022) Pengalaman Perawat Dalam Melaksanakan Timbang Terima Selama Masa Krisis Kesehatan di Ruang Rawat Inap Sakura Rumah Sakit Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL_CYNTHIA PERMATA DESWITA_1811313001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Krisis kesehatan pandemi Coronavirus Disease 2019 menuntut pelayanan kesehatan untuk tetap menerapkan model keperawatan profesional seperti pelaksanaan timbang terima. Timbang terima sebagai bentuk komunikasi antar perawat di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri dikarenakan penularan virus COVID-19. Berdasarkan hasil observasi, timbang terima merupakan bentuk pelayanan manajemen kesehatan yang paling sering ditemui. Perawat melakukan timbang terima sesuai alur dengan menggunakan APD. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman perawat dalam melaksanakan timbang terima selama masa krisis kesehatan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang partisipan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam yang di rekam dan dibantu dengan pedoman wawancara serta catatan lapangan. Data di analisis dengan menggunakan metode tematik analisis colaizzi. Hasil penelitian didapatkan empat tema yaitu protokol timbang terima selama masa krisis kesehatan, manfaat timbang terima selama masa krisis kesehatan, kendala pelaksanaan timbang terima selama masa krisis kesehatan, dan harapan terhadap pelaksanaan timbang terima saat masa krisis kesehatan. Disarankan agar pelaksanaan timbang terima tetap dijalankan di masa krisis kesehatan dengan penggunaan APD dan prosedur yang sesuai sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M. Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:40
Last Modified: 10 Aug 2022 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108514

Actions (login required)

View Item View Item