Hubungan Antara Dampak Psikologis dengan Strategi Koping Pada Perawat di Era New Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Kota Padang

Surisna, Fatria (2022) Hubungan Antara Dampak Psikologis dengan Strategi Koping Pada Perawat di Era New Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK FATRIA SURISNA.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Juni 2022 Nama : Fatria Surisna NIM : 2011316057 “Hubungan Antara Dampak Psikologis dengan Strategi Koping pada Perawat di Era New Normal Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Kota Padang” ABSTRAK Pandemi COVID-19 berdampak luas diberbagai aspek, tidak hanya pada kesehatan, tapi juga berdampak pada sektor politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan serta kesejahteraan. Pandemi COVID-19 menempatkan sektor kesehatan khususnya perawat pada tekanan yang besar sehingga memberikan dampak dapat pada psikologis. Dalam menghadapi hal tersebut, perawat dapat menggunakan bermacam-macam strategi koping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dampak psikologis dengan strategi koping pada perawat di era new normal pandemi COVID-19 di rumah sakit yang menjadi rujukan COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 193 perawat. Instrumen yang digunakan The Impact of Event Scale Revised (IES-R) dan Brief Coping Orientation to Problems Experience (Brief COPE). Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan data diuji dengan uji chi-square. Hasil Penelitian menunjukkan hampir setengahnya perawat yang pernah berdinas di ruang rawatan COVID-19 di rumah sakit Kota Padang mengalami dampak psikologis ringan (40,9%), dan sebagian besar perawat memiliki strategi koping adaptif (74,6%). Berdasarkan hasil uji statistik tidak ada hubungan antara dampak psikologis dengan strategi koping pada perawat di era new normal pandemi COVID-19 di rumah sakit Kota Padang (p = 0,225). Meskipun demikian, diharapkan kepada pihak rumah sakit untuk tetap memerhatikan kesediaan sarana dan prasarana berupa APD dan menyiapkan konseling kesehatan jiwa seperti melakukan skrinning psikiatri kepada perawat sehingga dapat meminimalisir dampak psikologis. Kata kunci : Dampak psikologis, strategi koping, pandemi COVID-19 Daftar Pustaka : 51 (1989-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:34
Last Modified: 09 Aug 2022 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108424

Actions (login required)

View Item View Item