HUBUNGAN PERILAKU SUAMI DENGAN KELENGKAPAN PEMERIKSAAN ANC PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA DI KOTA PADANG

Muhammad, Alpin Azhar (2022) HUBUNGAN PERILAKU SUAMI DENGAN KELENGKAPAN PEMERIKSAAN ANC PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (798kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kunjungan pemeriksaan ANC sesuai standar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan status kesehatan ibu hamil dalam rangka menurunkan angka kematian ibu di Indonesia. Cakupan ANC di Puskesmas Lubuk Buaya yang belum mencapai target dalam dua tahun terakhir, menggambarkan bahwa masih ada ibu hamil yang tidak melakukan kunjungan ANC sesuai standar. Keterlibatan suami selama kehamilan dapat menjadi faktor pendorong untuk memeriksakan kehamilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku suami dengan kelengkapan kunjungan ANC di Puskesmas Lubuk Buaya. Penelitian ini adalah penelitian analitik menggunakan desain cross sectional dan dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 63 orang suami ibu hamil yang bertempat tinggal di sekitar wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya dengan usia kandungan ≥ 28 minggu. Data diambil menggunakan kuesioner untuk menilai perilaku suami. Sebanyak 74,6% ibu hamil melakukan ANC lengkap sesuai standar (K4). Pengetahuan suami baik pada ibu hamil ditemukan sebanyak 81%, sikap suami positif yang ditunjukkan sebanyak 81% dan tindakan baik yang diberikan suami selama kehamilan sebanyak 84,1% dari total responden Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat hubungan antara perilaku suami dengan kelengkapan kunjungan ANC. Tenaga kesehatan perlu memberikan informasi dan pendidikan tentang kesehatan ibu hamil tidak hanya kepada ibu hamil tetapi juga kepada suaminya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, SKM, M. Epid
Uncontrolled Keywords: Kunjungan ANC, K4, Perilaku Suami
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:26
Last Modified: 03 Aug 2022 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108220

Actions (login required)

View Item View Item