Hubungan Fungsi Kognitif dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman

Mufebrina, Mufebrina (2022) Hubungan Fungsi Kognitif dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII Penutup pdf.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seiring bertambahnya usia akan menyebabkan terjadinya penurunan fungsi kognitif yang mengakibatkan terjadinya penurunan persepsi, sensori, dan respon motorik pada sistem saraf pusat sehingga mengakibatkan lansia kesulitan dalam melakukan Activity Daily Living (ADL) untuk kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fungsi kognitif dengan tingkat kemandirian activity daily living (ADL) pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif menggunakan pendekatan cross-sectional dengan alat ukur kuesioner Mini Mental Status Examination dan Indeks Barthel. Sampel penelitian ini adalah lansia yang berada di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman sejumlah 70 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data diolah menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan bermakna antara fungsi kognitif dengan tingkat kemandirian activity daily living (ADL) pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman dengan p-value = 0.000. Saran kepada pihak institusi pelayanan sosial agar membantu lansia saling bersosialisasi dan selalu mengadakan kegiatan yang bersifat kelompok dan juga kegiatan seperti membaca, mendengarkan berita dan cerita melalui media, kegiatan mengisi teka teki silang (TTS) serta senam otak (brain gym) sehingga mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan fungsi kognitif lansia agar tingkat kemandirian Activity Daily Living (ADL) pada lansia tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Lansia, Fungsi Kognitif, Kemandirian, Activity Daily Living (ADL)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:37
Last Modified: 04 Aug 2022 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108195

Actions (login required)

View Item View Item