Hubungan Kualitas Tidur dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Tingkat Akhir Program A 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Filliya, Azzura (2022) Hubungan Kualitas Tidur dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Tingkat Akhir Program A 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Univesitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
Bab VII Penutup.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Gangguan siklus menstruasi disebabkan oleh berbagai macam masalah salah satunya adalah kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk cenderung dialami oleh mahasiswi tingkat akhir. Salah satu dampak akibat kualitas tidur yang buruk adalah gangguan siklus menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan siklus menstruasi pada mahasiswi tingkat akhir program A 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 75 orang dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) yang dihitung selama 3 bulan berturut-turut dan kuesioner siklus menstruasi dihitung selama 3 siklus berturut-turut. Analisa data menggunakan Uji Chi- Square. Hasil penelitian ini didapatkan distribusi frekuensi kualitas tidur diperoleh hasil tertinggi (62,7%) dalam kategori buruk dan siklus menstruasi diperoleh hasil lebih dari setengah (54,7%) mempunyai siklus yang tidak teratur, dengan nilai p value= 0,000 (p < 0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan siklus menstruasi pada mahasiswi tingkat akhir program A 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada responden untuk dapat memanajemen waktu disiang hari agar dapat beristirahat dengan nyaman dimalam hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: siklus menstruasi, kualitas tidur, mahasiswi tingkat akhir
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:28
Last Modified: 04 Aug 2022 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108193

Actions (login required)

View Item View Item