PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN OJEK ONLINE GRAB MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA PADANG

Kevin, Kevin (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN OJEK ONLINE GRAB MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dab Abstrak.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pembangunan nasional adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, maka transportasi menjadi sangat penting bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dan meningkatkan kesejahteran. Salah satu mode transportasi yang memudahkan kegiatan masyarakat yang banyak diminati sekarang ini adakah layanan ojek online seperti layanan ojek online Grab atau GrabBike. PT. Grab Indonesia dan mitra penyedia layanan Grab sebagai pelaku usaha dalam melakukan kegiatan usaha harus memberikan dan mementingkan perlindungan hukum terhadap hak – hak konsumen pengguna jasa layanannya sesuai dengan ketentuan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Di kota Padang terdapat permasalahan mengenai hak – hak konsumen pengguna jasa layanan GrabBike seperti mitra penyedia layanan GrabBike yang tidak mementingkan hak konsumen pengguna atas kenyamanan dalam menggunakan jasa layanannya, keamanan dalam data privasi pengguna, serta membahayakan keselamatan pengguna dalam berkendara hingga dapat merugikan pengguna baik secara fisik maupun non fisik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa layanan ojek online Grab menurut Undang - Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di Kota Padang? 2. Apa saja kendala yang dihadapi oleh pengguna jasa layanan ojek online Grab, serta upaya dalam menghadapi kendala yang ditemui oleh pengguna jasa layanan ojek online Grab menurut undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen?. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Hasil penelitian ini diantaranya: 1. upaya yang dilakukan dalam menjamin perlindungan terhadap hak –hak konsumen dengan melakukan perekrutan mitra atau penyedia jasa layanan GrabBike yang sangat selektif, mengatur dasar cara kerja dan meningkatkan kualitas layanan melalui Standar Operasional Prosedur, serta pemberian sanksi. 2. kendala yang dihadapi, serta upaya dalam menghadapi kendala yang ditemui oleh pengguna jasa layanan ojek online Grab di kota Padang antara lain: aplikasi rumit dalam penggunaan, tarif yang berubah – ubah, serta penyedia jasa layanan yang tidak menaati aturan. PT. Grab Indonesia harus memperbaharui aplikasi serta standar operasional dalam meningkatkan mutu layanannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:56
Last Modified: 02 Aug 2022 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108125

Actions (login required)

View Item View Item