Hubungan Efektivitas Perkuliahan Online Terhadap Kecemasan Mahasiswa Tahap Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas

Selly, Okta Epriyani (2022) Hubungan Efektivitas Perkuliahan Online Terhadap Kecemasan Mahasiswa Tahap Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (bab akhir kesimpulan dan saran)
kesimpulan).pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI SELLY OKTA EPRIYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia mengumumkan kasus pertama covid-19 pada awal Maret 2020, yaitu seorang perempuan yang pernah melakukan kontak langsung terhadap orang yang terkonfirmasi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) di Malaysia. Seiring berjalannya waktu jumlah kasus baru mengalami peningkatan yang signifikan dan tersebar pada 34 Provinsi di Indonesia. Pencegahan dan penanganan terhadap penyakit Covid-19 yang dilakukan pemerintah Indonesia berupa anjuran untuk menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air bersih yang mengalir, dan sebuah kebijakan pembatasan aktivitas di luar rumah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemerintah juga mengeluarkan peraturan di bidang pendidikan bahwa selama wabah Covid-19 pelaksanaan pembelajaran tatap muka dialihkan ke pembelajaran secara online. Perubahan perkuliahan secara tatap muka menjadi perkuliahan online menimbulkan dampak kesehatan mental mahasiswa yaitu berupa kecemasan. Sampel penelitian ini sebanyak 76 responden mahasiswa tahap sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas yang diambil dengan tehnik simpel random sampling. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p= 0,001. Terdapat hubungan efektivitas perkuliahan online terhadap kecemasan mahasiswa tahap sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR.drg. Febrian, MKM
Uncontrolled Keywords: Covid-19, perkuliahan online, kecemasan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:46
Last Modified: 01 Aug 2022 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108103

Actions (login required)

View Item View Item